Senin, 03 Desember 2012

Tutorial Photoshop "Tehnik Seleksi Objek dengan Quick Mask"

Tutorial Photoshop kali ini akan membahas cara menseleksi  objek atau gambar dengan menggunakan Tehnik Masking.sebenarnya masih banyak lagi tehnik untuk menseleksi objek pada aplikasi photohop ini,tetapi tehnik seleksi objek dengan menggunakan Quick Mask adalah tehink seleksi objek yang paling sering digunakan dan sangat mudah untuk digunakan.

Prinsip kerja dari Quick Mask sangat mudah, yaitu seluruh bagian yang berwarna merah adalah bagian yang tidak terseleksi.untuk memberikan warna merah transparan atau mengilangkan nya maka kita akan menggunakan brush tool.penseleksian dengan menggunakan quick mask sangat tergantung pada Brush yang kita gunakan.oleh karena itu kita harus cermat dalam pemilihan brush tool yang akan kita gunakan.maksudnya jika kita menseleksi objek dengan detail yang cukup tinggi maka gunakan brush tool dengan hardness yang tinggi.

Langkah - Langkah Menseleksi Objek dengan Quick Mask Tool

Langkah 1

Masukan Gambar pada Lembar kerja Adobe Photoshopnya dengan cara klik menu File > Open (Ctrl + O).
disini saya menggunakan gambar Mobil Ferrari tetapi anda bisa menggunakan gambar.yang terpenting anda ikuti saja langkah demi langkahnya.


Langkah 2

klik Icon Edit in standard Mode (Q) yang ada pada toolbar dan secara Otomatis set forground and background colore menjadi hitam ke putih.

Langkah 3

Pilih Brush Tool Standar untuk menseleksi objek.caranya Klik icon brush tool pilih brush tool standar,sesuaikan ukurannya dan setting pada hardness nya menjadi 100%.

Langkah 4

setelah kita atur brush nya dan settingan warna forground and backround nya menjadi hitam putih. sekarang sapukan brush tadi pada seluruh gambar mobilnya,maka akan muncul warna merah yang transfaran.itulah bagian objek yang terseleksi.


Langkah 5

jika kita sudah selesai dengan mask yang kita inginkan,klik lagi icon edit in quick mask maka secara otomatis objek akan terseleksi.tetapi ini yang kita  seleksi adalah latar bukannya mobil untuk itu  anda tinggal membalik seleksinya dengan menekan SHIFT + CTRL + i.



Kesimpulan :
Membuat seleksi photoshop menggunakan quick mask membutuhkan proses yang lama dengan hasil kurang maksimal, berbeda dengan seleksi menggunakan color range dan seleksi channel yang bisa juga digunakan untuk seleksi objek rumit. Namun pada beberapa kondisi gambar, seleksi menggunakan quick mask sangat bisa diandalkan.

0 komentar:

Posting Komentar